Aplikasi Notion Kini Punya Asisten AI Bantu Terjemahan

3 min read

Aplikasi Notion – Aplikasi produktivitas populer Notion, kini di bekali asisten digital berbasis kecerdasan buatan (Artifivial Intellegence/AI).

Notion sendiri adalah aplikasi produktivitas yang bisa di gunakan untuk membantu manajemen. Notion biasanya di pakai untuk membuat catatan atau jadwal agar lebih teratur dan sederhana.

CEO Notion, Ivan Zhao, menggambarkan asisten AI Notion sebagai tools yang banyak tahu, khususnya soal proyek dan catatan pengguna. Asisten AI ini bisa menemukan informasi yang pengguna cari dalam waktu satu atau dua detik.

Secara umum, asisten AI Q&A di Notion ini memiliki tiga fungsi utama. Pertama, asisten AI Q&A bisa menjawab pertanyaan dan menemukan informasi dalam kumpulan file, folder dan lampiran.

Pengguna bisa saja memiliki dokumen pekerjaan atau proyeh yang menumpuk di Notion. Untuk memudahkan mencari informasi pengguna tinggal bertanya ke Q&A, tak perlu lagi mengubek-ngubek file satu per satu.

Misalnya pengguna ingin tahu soal tugas prioritas tim web minggu ini, apa yang di diskusikan dalam rapat sebelumnya, kapan desain situs baru di rilis, dan informasi lain.

Pengguna tinggal memasukkan pertanyaan ke prompt “Ask Notion AI”. Nantinya, asisten AI Notion akan menjawab pertanyaan pengguna, bila informasi tersedia di database Notion dan di kumpulan dokumen pengguna.

Asisten Ai juga akan mencantumkan beberapa dokumen terkait di catatan kaki. Hal dalam upaya untuk memastikan tools AI tersebut tidak berhalusinasi dan mengarang informasi. Jadi, pengguna bisa memvalidasi jawaban dari asisten AI langsung ke dokumen terkait.

Baca Juga: https://geraibunga.id/akun-threads-akhirnya-bisa-dihapus-tanpa-perlu-hapus-instagram/

Bantu tulis dokumen

Asisten Ai Q&A juga bisa membantu pengguna membuat draf dokumen. Pengguna bisa meminta Q&A untuk menulis rangkuman dan tabel dari hasil transkrip rapat yang di simpan di Notion.

Pengguna juga bisa meminta bantuan Q&A untuk menulis dalam bahasa Jepang, Spanyol, Jerman dan lainnya.

Asisten AI di Notion juga bisa menjelaskan jargon-jargon agar lebih mudah di pahami orang awam hingga mengedit kata-kata di dokumen proposal agar lebih formal.

Bikin “To Do List” instan

Menurut informasi di situs resmi Notion, asisten Ai bisa menganalisis hasil rapat dan menampilkan daftar langkah selanjutnya seperti to do list dalam bentuk poin – poin, secara instan.

To do list juga bisa di buat dengan kotak centang (check box), sehingga pengguna bisa mencoret tugas yang sudah selesai.

Tak hanya itu, asisten AI juga bisa membuat tabel tugas-tugas yang harus di kerjakan pengguna secara otomatis, berdasarkan level urgensinya.

Dari tabel tersebut, pengguna bisa melihat informasi terkait nama proyek/tugas, langkah selanjutnya yang harus di kerjakan, dan status tugas/proyek saat ini.

Notion mengungkapkan bahwa pihaknya menjaga data pengguna agar tetap privat. Salah satunya dengan tidak menggunakan data pelanggan untuk melatih model AI

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours